Istilah-istilah dalam Bisnis Affiliasi

Affiliasi

Anda menjadi member sebuah perusahaan affiliasi untuk memasarkan produk lewat iklan disertai link affiliasi berwujud gambar/banner atau teks yang diberikan kepada anda, dan anda bisa mendapat komisi dari perusahaan tsb.

Reseller

Artinya adalah, orang yang menjualkan suatu produk dari sebuah website. Pada umumnya, orang yang menjadi reseller akan mendapat komisi sekian persen jika reseller tersebut berhasil menjual produk dari sebuah website.

Contohnya, amazone.com. Setiap kali anda melakukan penjualan produknya anda akan mendapat komisi.

Refferal

Adalah orang yang mengajak anda bergabung / orang yang memberikan anda referensi suatu produk atau website.

Safelist

Safelist adalah kumpulan pemasang iklan yang bergabung bersama dalam suatu group, dimana mereka bebas mengirim iklan ke seluruh member yang tergabung didalam Safelist tersebut, tanpa harus takut dituduh melakukan SPAM, karena mereka yang bergabung di Safelist, juga diharuskan menerima iklan dari member lain

Payout

Adalah waktu kita dibayar ketika sudah mencapai batas pembayaran

PTR, PTC & PTS Program

Adalah singkatan dari Pay To Read, Pay To Click dan Pay To Signup. ini adalah program dari web site pemasang iklan. Mereka menjanjikan akan memberi imbalan sejumlah uang kepada para member hanya dengan membaca email(to read), mengklik iklan banner(to click) atau mendaftar pada suatu website(to sign up).

PPC

Pay Per Click Artinya kita akan dibayar apabila ada iklan yang telah dipasang di situs kita diklik oleh orang lain per unic visitor

PPS

Pay Per Sale Artinya kita mendapatkan bayaran/ komisi jikalau kita dapat menjual produk/ jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan affiliate. System pembayarannya adalah bagi hasil/ kita mendapatkan persentase dari harga produk/ jasa tsb. Dalam hal ini kita sebagai resellernya, sebagai contoh perusahaan yang sangat terkenal adalah amazon.com

PPL

Pay Per Lead. Yang satu ini berarti kita akan mendapat bayaran apabila kita mampu merekrut seseorang lalu mengisi kotak form pendaftaran yang disediakan untuk menjadi member suatu perusahaan affiliate. Tapi syaratnya kita harus terlebih dahulu menjadi membernya.

CPC

Cost Per Click=PTC, yang mana artinya kita akan mendapatkan bayaran apabila iklan yang ada di web/ blog kita ada yang mengkliknya. Jadi semakin banyak yang mengklik otomatis semakin tebal kantong anda.. contohnya yang paling terkenal utk saat ini adalah Google Adsense.

CTR

CTR singkatan dari click through rate. CTR adalah jumlah klik pada iklan anda dibagi dengan jumlah berapa kali impressions yang anda dapatkan. Dengan kata lain CTR adalah klik persentase yang didasarkan pada jumlah berapa kali halaman tersebut ditampilkan. Rumus matematikanya, CTR = jumlah klik : jumlah tampil.

eCPM /CPM

eCPM singkatan dari effective cost-per-thousand (M= mil, dalam Latin yang artinya seribu). menggunakan system Impression/ Page view jadi kita akan dibayar apabila iklan yang terpasang di web/ blog kita telah mencapai 1000 X di tampilkan. eCPM dapat dihitung dengan membagikan jumlah total pendapatan dengan total impressions dalam 1000. Rumus matematikanya, (total pendapatan : total impressions) X 1000 = eCPM.

Page Views

Page views adalah jumlah kunjungan pada halaman konten situs/web atau blog anda..

Page Impressions

Page Impressions adalah jumlah berapa kali iklan AdSense anda tampil pada halaman web. Dihitung dari saat JavaScript Adsense tersebut dibuka dan ditampilkan pada browser.

Leave a comment